manfaat vitamin A

Manfaat Vitamin A Bagi Tubuh, Khususnya Untuk Retina Mata

Tubuh manusia memerlukan berbagai manfaat dari kandungan gizi setiap asupan sehari-hari, mulai dari karbohidrat, mineral, protein, serat, hingga vitamin. Nah, tiap unsur tersebut memiliki manfaatnya tersendiri untuk kesehatan kita. Tapi tahukah Sahabat KMU manfaat vitamin khususnya manfaat vitamin A?

Ya, ketika kita tahu manfaat demi manfaat dari kandungan gizi makanan, kita bisa memprioritaskan untuk mengkonsumsinya alias menyediakannya sebagai menu sehari-hari. 

Dengan begitu, tubuh bisa menyerap manfaatnya dan kita bisa beraktivitas serta berkarya dengan lancar karena tubuh yang sehat tadi. Yuk, kita bahas lengkap manfaat vitamin A, termasuk untuk mata dan Retina kita!

Baca juga : 
LASIK
Bisakah Biaya Lasik Ditanggung BPJS Kesehatan?

Vitamin A

Salah satu zat penting untuk pertumbuhan, perkembangan, dan kesehatan tubuh kita adalah vitamin. Vitamin A sendiri adalah mikronutrien esensial yang bisa larut dalam lemak, disimpan dalam hati, dan vital untuk fungsi kekebalan tubuh, otak, pertumbuhan rambut dan kuku, dsb.

Vitamin A identik dengan sumber pangan yang mengandung pigmen warna merah, oranye, dan kuning. Oleh karenanya, sayur dan buah yang memiliki tone warna tersebut, sudah pasti mengandung vitamin A.

  • wortel
  • melon kuning
  • tomat
  • jagung
  • mangga
  • aprikot
  • paprika, dlsb

Meski tidak menutup kemungkinan juga ada selain warna tersebut yang mengandung vitamin A. Mereka adalah bayam, kangkung, brokoli, kacang polong, peterseli, dll, karena klorofil menyamarkan pigmen khas vitamin A tadi.

Jumlah minimal untuk konsumsi vitamin A harian adalah sebagai berikut : 

  1. 0,4-0,5 mg untuk anak dan bayi
  2. 0,7 mg untuk wanita dewasa
  3. 0,9 mg untuk pria dewasa
  4. 1,3 mg untuk wanita menyusui

Baca juga : 
Mata Merah : Cara Pengobatan Sesuai Penyebabnya
Katarak 

Manfaat Vitamin A Untuk Tubuh

makanan dan minuman yang mengandung vitamin A

Tubuh kita butuh gizi seimbang dari asupan kaya nutrisi, salah satunya vitamin A seperti asupan-asupan di atas. Mulai dari ikan, susu, telur, brokoli, sayur dan buah merah, dst.

Vitamin A mengandung retinoid-karotenoid, antioksidan, dll. Entah retinoid dari produk hewani, maupun karotenoid dari sayuran dan buah semuanya baik untuk tubuh.

Manfaat vitamin A sendiri bagi tubuh sangat banyak, dan Sahabat KMU akan rugi jika melewatkan makan asupan yang mengandung vitamin A.

  1. Membantu tubuh terhindar dari penyakit kanker karena kandungan antioksidan
  2. Mendukung pertumbuhan janin bagi ibu hamil, karena kandungan asam retinol
  3. Memperkuat sistem imun tubuh, karena vitamin A mendukung fungsi sel leukosit
  4. Melancarkan fungsi sistem pencernaan dan pengoptimalan penyerapan nutrisi 
  5. Memperlambat proses penuaan dini karena antioksidan menyehatkan kulit, membantu elastisitas dan kekencangan kulit.
  6. Meningkatkan produksi sel darah merah sehingga bantu metabolisme zat besi yang jadi komponen penting produksi sel darah merah
  7. Menjaga kesehatan reproduksi termasuk perkembangan sel sperma dan sel telur

Pentingnya Vitamin A untuk Mata

manfaat vitamin A

Menurut penjelasan dari Dokter Rigan Ndaru Wicaksono, SpM vitamin sendiri berasal dari kata “Vital Amine” ( amino yang vital atau yang penting ) dalam arti lain vitamin mata adalah tambahan nutrisi  untuk menunjang kinerja dan fungsi mata secara maksimal.

Jadi tidak hanya ke sistem imun, pencernaan, kulit, maupun pertumbuhan tubuh, tapi juga untuk organ penglihatan yang berharga ini. 

Mencukupi tubuh dengan nutrisi vitamin A bisa “menyenangkan” mata dalam beberapa hal berikut:

  • memproteksi mata dari kerusakan sel, 
  • membantu penglihatan tetap baik, 
  • menurunkan resiko munculnya penyakit mata: rabun senja, degenerasi makula, dlsb.
  • membantu permukaan mata dan selaput lendir jadi penghalang dari infeksi bakteri dan virus
  • mendukung fungsi kornea yang jadi lapisan terluar bola mata
  • melindungi mata dari gangguan dry eye atau mata kering

Nah lebih dari itu, manfaat vitamin A ternyata bagus dalam dalam mendukung fungsi spesifik dalam struktur mata, yakni Retina. 

Baca juga : PENYAKIT RETINA : JENIS, DIAGNOSA, PENGOBATAN, HINGGA PENCEGAHANNYA

Manfaat vitamin A atau vitamin yang juga disebut retinol ini mempunyai peran penting dalam transformasi cahaya yang ditangkap mata jadi sinyal listrik untuk dikirim ke otak. 

Mekanismenya, yakni kandungan antioksidan yang dimiliki oleh vitamin A membantu pembentukan fotoreseptor rhodopsin. Nah itu adalah fotopigmen yang terdapat pada sel batang retina sehingga membantu mata melihat dalam kondisi cahaya rendah.

Kurangnya vitamin A bisa berdampak pada penyakit yang berhubungan dengan penurunan fungsi retina yakni rabun senja atau tidak bisa melihat jelas di sore dan malam hari. Juga mencegah degenerasi makula atau keburaman di pusat penglihatan karena faktor usia seperti halnya Katarak.

Baca juga :  
Operasi katarak
Operasi Katarak Gratis
Mengetahui Beberapa Vitamin untuk Mata Katarak

Sayangi Tubuh dan Mata dengan Vitamin A

Bentuk menyayangi tubuh kita tidak hanya dengan merawat kecantikan dan kebersihan tubuh, tapi juga tentang memberi asupan dengan nutrisi atau gizi terbaik, termasuk vitamin A dengan segudang dampak baiknya.

Misal mata bisa berbicara, ia akan sangat senang dan berterima kasih karena keputusan Sahabat KMU untuk rajin makan sehat termasuk asupan yang mengandung vitamin A bisa memaksimalkan fungsi mata dan mencegah dari penyakit mata mengganggu.

Jika sudah rutin konsumsi VItamin A tapi Sahabat KMU memiliki keluhan mata yang mengganggu dan tidak bisa selesai sendiri, maka sudah saatnya untuk mendatangi dokter mata ya. 

Dengan menempuh proses konsultasi dokter mata, Anda akan mendapatkan diagnosa dan penanganan sesuai dengan kondisi serta tingkat gejala Anda.

sumber : dr. Tania Rahmania Maulani, Sp.M

—–

Yuk sayangi kesehatan mata.
KMU – Jelas Lebih Jelas

Tonton juga yuk, video hiburan kesehatan berikut ini :