Mata Kering

Mata Kering: Gejala, Penyebab, dan Penanganannya

Pernahkah sahabat KMU merasa matanya seperti perih dan tidak nyaman? Apalagi setelah sangat lama menatap layar gadget entah itu laptop, hp, tablet dan sejenisnya. Jika pernah, ada kemungkinan sahabat KMU terkena sindrom mata kering ini lho. Nah kali ini akan dibahas tentang apa itu mata kering, gejalanya seperti apa saja, bagaimana bisa terjadi, serta penanganannya.

Definisi Mata Kering

Menurut Dr. Idham Mustahid Arifin, SpM, mata kering adalah kondisi seseorang yang tidak mempunyai kualitas air mata yang cukup untuk lubrikasi atau melumasi permukaan bola mata. Padahal, air mata sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan kejernihan permukaan mata, yang itu sangat mendukung fungsi mata secara umum. 

Jika seseorang mengalami  mata kering, maka yang dialami adalah mata merah, terasa gatal, dan terasa sangat mengganjal. Bahkan ada juga gejala berupa mata yang justru berair. Kok bisa ya Sahabat KMU? Padahal sindrom mata kering tapi justru basah berair. 

Nah hal tersebut bisa terjadi karena secara jumlah, air mata masih normal tapi secara kualitas kurang bagus. Ketika air mata keluar sebentar, justru menguap, akhirnya jadi berair.

Penyebab Mata Kering

Penyebab untuk mata kering sendiri secara umum, ada 2. Sebab pertamanya adalah karena penurunan jumlah air mata dan yang kedua adalah penurunan kualitas air mata.

Dalam mata kita, terutama struktur air mata, terdapat lapisan air mata. Mulai dari Mucous layer, Watery Layer, dan Oil layer, yang ketiganya merupakan komponen sangat penting untuk fungsi air mata. 

Adapun keterangan setiap bagian tersebut adalah sebagai berikut : Mucous layer diproduksi oleh bagian kornea mata dan sangat berperan untuk penyebaran air mata ke seluruh permukaan bola mata. Adapun lapisan watery, penampung air mata dan sumber airnya diproduksi oleh lacrimal gland yang berada di bagian dalam kelopak mata atau atas bola mata. 

Terakhir, ada oil layer, yang berfungsi menampung minyak. Dari mana asal minyaknya? Yakni dari meibomian glands yang terletak di kelopak mata bagian bawah. Bagian ini bertugas menjaga air mata agar tidak gampang menguap yang menyebabkan mata kering tadi.

Ketiga lapisan tersebut  berperan menjaga menjaga kuantitas serta kualitas dari air mata. Nah, mata kering bisa terjadi karena adanya gangguan di salah satu atau beberapa bagian dari lapisan-lapisan bagian pendukung air mata tersebut. Gangguan tersebut, bisa dipicu oleh beberapa faktor penyebab berikut : 

Usia

Semakin menua seseorang, maka kualitas mata semakin menurun. Tidak terkecuali juga bagian air mata yang melumasi mata, sehingga ada keluhan mata kering bagi seorang lansia atau lanjut usia. Tak hanya gangguan ini, ada juga penyakit mata lain yang mengintai kelompok usia ini yakni seperti katarak yang harus dioperasi katarak.

Baca juga : 
Biaya Operasi Katarak
Operasi Katarak Gratis

Jenis Kelamin

Mata kering bisa lebih sering menyerang pada perempuan dibandingkan jenis kelamin laki-laki karena adanya faktor hormonal.

Kondisi Lingkungan 

Mata kering bisa dipicu oleh kondisi sekitar yang mengenai mata langsung, yakni suhu ruangan yang berpendingin ruangan seperti AC, kipas angin, atau tempat lain yang bersifat kering. Dengan kondisi lingkungan kering tersebut, lebih mudah terjadi gangguan mata ini.

Penggunaan Obat dan Penyakit Tertentu

Setiap konsumsi obat tentu ada efek samping untuk fungsi bagian tubuh yang lain, termasuk juga mata yang bisa menjadi kering. Begitu pun pada penyakit tertentu, yang juga bisa menyerang mata sehingga bisa menjadi kering.

Baca juga: 
Kelainan refraksi
LASIK

Penanganan Mata Kering

Sebelum diberi solusi penanganan, dokter mata akan melakukan diagnosis mulai dari identifikasi keluhan pasien hingga pemeriksaan kualitas dan kuantitas air mata. Jika sudah diketahui titik letak gangguan dan penyebabnya, maka bisa diputuskan pengobatan atau penanganan mata kering yang tepat.

Adapun beberapa opsional menurut Dr. Idham Mustahid Arifin, SpM, yang bisa mengatasi keringnya mata serta gejala tidak nyaman yang menyertainya, adalah sebagai berikut : 

Menambah Air Mata

Jika diketahui penyebab utamanya adalah kurangnya kuantitas air mata dalam watery layer, maka bisa diberi penanganan dengan menambah air mata yakni dengan obat tetes mata yang jenisnya dari berbagai jenis ditentukan oleh dokter mata.

Menghambat Air Mata

Jika penanganan obat tetes mata sudah dilakukan, tapi masih saja kering, maka dilakukan cara lain. Cara tersebut yakni dengan menjaga air mata, atau menutup saluran pembuangan air mata 

Pencegahan Mata Kering

Bagi kita yang sering menatap layar atau berada di lingkungan kering, maka perlu melakukan langkah pencegahan berikut agar terhindar dari mata kering:

Jangan Lupa Berkedip

Tidak hanya saat mata kelilipan saja, kita juga harus membuat kelopak mata rutin untuk berkedip ya Sahabat KMU. Karena berkedip itu merupakan mekanisme yang mendukung lubrikasi pada permukaan mata. Sehingga sebelum mata kering, saat berkedip mata akan sering terbasahi dan mendukung fungsi mata

Baca Juga : Glaukoma

Penggunaan Kacamata

Mata kering bisa dicegah dengan memakai kacamata

 

Bisa juga dengan memakai kacamata pada aktivitas luar ruangan agar terlindung dari paparan sinar matahari, polusi debu, dll yang bisa memperparah mata kering. 

Air Minum yang Cukup

Menyimpan sejuta manfaat, minum air putih yang cukup juga sangat berperan untuk air mata. Karena kurangnya cairan tubuh juga bisa menyebabkan jumlah air mata kita berkurang dan membuat mata kering.

Menghindari Lingkungan Kering

Jika tidak terlalu mendesak untuk keluar ruangan atau berada di lingkungan kering terus menerus, maka bisa meminimalisir atau menghindari untuk tetap di kondisi tersebut. Hal ini karena cenderung bisa membuat mata mengering dan tidak nyaman.

Jika sahabat KMU mengalami gejala mata kering yang terasa sangat mengganggu dan diatasi mandiri dengan obat tetes mata tidak berhasil, jangan ragu untuk segera periksa diri ke dokter mata ke klinik mata agar bisa segera pulih. Karena mata adalah jendela menatap dunia, yuk rawat dengan baik. 

Tonton video edukasi untuk penjelasan selengkapnya :