mata minus anak

Terapi Mata Minus Anak Cegah Peningkatan Ukuran Secara Drastis

Hampir seharian penuh mata bisa menatap layar smartphone yang dimana layar smartphone memancarkan radiasi  Radio Frequency (RF) tingkat rendah yang dimana ini bisa menjadi salah satu penyebab mata minus anak. 

Jika tidak bijak dalam penggunaan smartphone maka akan menimbulkan efek buruk bagi kesehatan mata. Maka dari itu penting bagi orang tua untuk memperhatikan kesehatan mata pada anak mereka. Simak penjelasan berikut ini untuk informasi lebih lanjut mengenai mata minus anak. 

Apa Itu Mata Minus ? 

Mata minus (miopia) atau rabun jauh adalah salah satu kelainan Refraksi pada mata  yang dimana penderita akan kesulitan melihat objek dari jarak jauh atau melihat suatu objek akan nampak buram. Pada mata normal lensa mata dan kornea membiaskan cahaya yang masuk sehingga bayangan objek difokuskan tepat di retina. 

Sedangkan pada mata minus , cahaya yang masuk tidak fokus di retina, namun jauh di depannya, hal ini dikarenakan kornea mata terlalu cembung atau panjang bola mata terlalu besar, itu sebabnya penderita mata minus tidak dapat fokus ketika melihat benda pada jarak jauh. Adapun ukuran besaran tingkat keparahan untuk mata minus  dengan satuan dioptri (D). bagi penderita mata minus dengan tingkat ukuran rendah berada di antara (0,5 D sampai 3 D), untuk tingkat ukuran sedang berada di antara (3 D sampai 6 D) dan untuk tingkat ukuran tinggi ( diatas 6 D). Perlu pengawasan orang tua dalam segala aktivitas anak yang berpotensi menyebabkan mata minus karena saat ini sudah banyak kasus mata minus anak yang disebabkan karena genetika ataupun karena kebiasaan buruk yang dilakukan anak.

Baca juga : 

Katarak 

Operasi Katarak

Operasi Katarak Gratis 

mata minus anak

Gejala Mata Minus Anak 

Bagi orang tua penting untuk mengawasi perilaku anak mereka karena bisa jadi perilaku yang tidak biasa dilakukan oleh anak merupakan gejala mata minus. Berikut diantaranya gejala-gejala mata minus anak :

  1. Kesulitan saat melihat sesuatu dari jarak jauh namun jelas saat melihat jarak dekat
  2. Anak sering memicingkan mata saat melihat sesuatu
  3. Anak selalu melihat televisi dari jarak dekat
  4. Anak sering mengeluh pusing atau sakit kepala
  5. Sering mengedipkan mata 
  6. Sering mengucek mata 

Jika anak anda mengalami gejala tersebut maka segeralah periksakan ke dokter mata untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

mata minus anak

Penyebab Mata Minus Anak 

Mata minus anak bisa disebabkan karena aktivitas yang bisa merusak kesehatan mata atau juga karena faktor keturunan dari orang tua disebut juga karena faktor genetika. Disini peran orang tua sangat penting untuk mengawasi aktivitas anak yang dapat menyebabkan kerusakan pada mata anak. Berikut ini beberapa penyebab diantaranya : 

  1. Mata terlalu lama menatap layar smartphone

Terkadang ketika anak sedang menangis atau rewel orang tua sering memberinya smartphone untuk menenangkan anak mereka, namun ketika mata anak menatap layar smartphone terlalu lama bisa menyebabkan jarang berkedip dan membuat bola mata kering, ini salah satu faktor penyebab mata minus

  1. Membaca buku dari jarak dekat 

Bila anak membaca buku dengan jarak yang terlalu dekat atau di tempat dengan pencahayaan yang kurang, dapat mengganggu bahkan merusak penglihatan anak.Jadi, perhatikan dan sarankan anak untuk menjaga jarak antara mata dan buku setidaknya 25 – 30 cm.

  1. Bermain smartphone di ruang gelap 

Membiarkan anak bermain smartphone di ruang gelap dapat merusak kesehatan mata anak, bermain di ruangan gelap dan hanya mengandalkan cahaya dari layar smartphone, radiasi sinar tersebut dapat merusak kesehatan mata anak. 

Baca juga : 

Kenali Gejala Herpes Mata & Dapatkan Pengobatan Segera

Benarkah Merokok Meningkatkan Risiko Katarak? Ini Faktanya

mata minus anak

Penanganan Mata Minus Pada Anak 

Usia anak-anak adalah dimana di usia tersebut masih terjadi proses tumbuh kembang dan tidak menuntut kemungkinan bahwa mata minus anak bisa tangani. Berikut cara penanganan mata minus diantaranya : 

  1. Terapi mata minus menggunakan kontak lensa 

dengan menggunakan kontak lensa, yakni hardlens dan softlens dapat digunakan sebagai media terapi

  1. Memberi makanan yang bergizi 

Memberi anak makanan yang bergizi juga merupakan hal yang sangat penting untuk menjaga kesehatan matanya.

  1. Memastikan penerangan cukup saat anak beraktivitas

Memberikan penerangan yang cukup saat anak sedang beraktivitas misalnya sedang belajar karena dapat membantu pencegahan mata minus

  1. Membatasi penggunaan smartphone

Dengan membatasi anak bermain smartphone hal tersebut dapat mencegah mata minus.

Dikarenakan masih dalam usia pertumbuhan metode operasi untuk penanganan mata minus yaitu lasik masih tidak dianjurkan karena ukuran tingkat keparahan mata minus masih bisa bertambah dan juga bisa berkurang. Selalu lakukan pemeriksaan rutin mata pada anak 6 bulan atau 1 tahun sekali  dan selalu konsultasi dokter mata

Saksikan Juga Video Kesehatan Mata Lainnya Dibawah Ini :