Penyakit Penyebab Rabun Senja (Nyctalopia)

7 Penyakit Penyebab Rabun Senja (Nyctalopia)

Penyakit Penyebab Rabun Senja (Nyctalopia)

Sebelum membahas mengenai Penyakit Penyebab Rabun Senja (Nyctalopia), Bagi Sahabat Klinik Mata Utama (KMU), mungkin Rabun Senja (Nyctalopia) masih terdengar asing. Rabun senja, atau yang disebut juga dengan nyctalopia, adalah penurunan daya penglihatan yang dialami seseorang pada senja hari atau pada saat pencahayaan meredup.

Gejala yang paling mudah diketahui dari pasien Rabun Senja (Nyctalopia) adalah, penglihatan yang mulai kabur ketika senja datang.

Penyebab Rabun Senja (Nyctalopia) sendiri, terjadi karena adanya kerusakan pada fungsi sel batang pada retina. Kondisi ini biasanya dipicu oleh masalah kesehatan, seperti:

1. Rabun jauh

Yakni, ketidakmampuan mata dalam melihat benda jauh.

2. Katarak

Kondisi ini biasa terjadi pada orang-orang yang sudah memasuki usia senja, atau bisa juga pada penderita diabetes, dan menyebabkan lensa mata tampak buram atau keruh.

3. Defisiensi vitamin A

Salah satu penyebab terjadinya kondisi ini adalah penyakit fibrosis kistik yang mengakibatkan saluran pencernaan menjadi tersumbat oleh lendir yang kental dan lengket. Sehingga tubuh tidak mampu menyerap serat dan vitamin.

4. Retinitis pigmentosa

Ini adalag kondisi terjadinya penumpukan pigmen pada retina yang menimbulkan penyempitan lapangan pandang (dikenal dengan tunnel vision). Kondisi ini belum dapat diobati.

5. Glaukoma

Kondisi yang mengakibatkan kerusakan pada saraf optik akibat tekanan di dalam mata dan dapat semakin memburuk seiring waktu.

6. Keratokonus

Penipisan kornea yang disebabkan oleh rendahnya kadar antioksidan pada kornea. Sehingga terjadi kerusakan pada jaringan kolagen dan menjadikan kornea menonjol. Selain faktor genetik, kondisi ini juga dapat disebabkan oleh paparan polusi udara.

7. Sindrom Usher

Selain berpengaruh terhadap kemampuan melihat, kondisi ini juga dapat mengganggu daya pendengaran penderitanya.      

Jadi, bila Anda merupakan salah satu orang yang berisiko mengalami Rabun Senja (Nyctalopia), ada baiknya melakukan konsultasi dan pengobatan agar penyakit ini bisa tertangani dengan cepat dan tepat. Jangan ragu untuk berkunjung ke klinik mata atau rumah sakit untuk menyembuhkannya. bagaimana sih cara cegah rabun senja? klik link di sini

Bagi Anda yang mengalami keluhan atau gangguan terhadap mata, bisa mengunjungi Klinik Mata KMU terdekat atau bisa juga menggunakan KMU Telecons

Untuk informasi terkini tentang kesehatan mata, silakan follow dan subscribe di akun media sosial Klinik Mata KMU:

Instagram: @KlinikMataUtama Youtube: Klinik Mata KMU Twitter: @klinikmatautama TikTok: @klinikmatakmu

1 thought on “7 Penyakit Penyebab Rabun Senja (Nyctalopia)”

  1. Pingback: 3 Gejala Rabun Senja (Nyctalopia), Waspadai!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *