fakta benjolan mata

Lithiasis – 5 Fakta Benjolan Kuning di mata ini Perlu Kamu Tahu

Pernahkah Sahabat KMU mengalami mata terasa sangat mengganjal sampai-sampai terbersit untuk ingin terus menguceknya. Jika saat bercermin terdapat benjolan putih kekuningan, waspada bahwa itu adalah Lithiasis.

Apa itu Lithiasis? Faktanya apa saja ya? Apa berbahaya? Mari Sahabat KMU simak hingga akhir untuk mengulik jawabannya.

Tentang Lithiasis

Lithiasis gambarannya bagaimana

Lithiasis adalah suatu benjolan kecil berwarna putih kekuningan pada konjungtiva kelopak mata atas atau bawah.

Dokter spesialis mata KMU dr. Ruchyta Ranti, SpM menjelaskan, bahwa Lithiasis ini merupakan kondisi yang dihasilkan dari timbunan kalsium di satu titik kelopak mata.

Tubuh kita memiliki sistem metabolisme yang canggih. Dengan proses tersebut, tubuh kita bisa memproses makanan dan minuman yang masuk agar bisa menjadi energi atau lainnya sesuai kebutuhan tubuh.

Nah dalam kondisi Lithiasis, seseorang mengalami ketidaksempurnaan proses metabolisme kalsium. Dalam artian kalsium yang harusnya diserap dengan baik pada tulang, menjadi menyebar dan tertimbun di berbagai tempat termasuk di mata.

Lebih tepatnya lagi di selaput bening bagian dalam kelopak mata. Kok bisa hal ini terjadi ya? Mari simak sebab dan siapa yang paling berpotensi lewat fakta setelah ini.

Baca juga :

Lasik

5 Fakta Benjolan Mata / Lithiatis

Fakta tentang Lithiasis mata

Untuk membantu Sahabat KMU agar lebih memahami tentang Lithiasis, berikut kami ulas informasi Lithiasis melalui 5 fakta penting yang semoga bermanfaat :

1. Tidak Menimbulkan Keluhan Parah

Umumnya, penderita Lithiasis merasakan gejala mata mengganjal tapi tidak sampai memengaruhi kualitas penglihatan.

Padahal pada penyakit mata lainnya, seperti Katarak maupun Konjungtivitis, penglihatan bisa sampai terganggu entah itu sensitif pada cahaya, lebih buram dari biasanya, dll.

Lithiasis hanya memiliki keluhan khas mata mengganjal yang membuat mata tidak nyaman. Istilah dari fakta ini adalah Lithiasis bersifat asimtomatik.

2. Sangat Jarang Terjadi, Tapi Ada

Tidak seperti Katarak yang jadi penyakit mata familiar, gangguan metabolisme dalam hal ini kalsium yang sampai membuat mata terkena Lithiasis termasuk kasus langka.

Oleh karenanya ulasan mengenai kasus ini masih termasuk jarang, sehingga banyak dari Sahabat KMU yang mungkin belum tahu.

Tetapi, keberadaan penyakit ini tetap eksis untuk sebagian orang. Sehingga bisa memberi clue salah satu jenis penyakit mata ketika ada semacam endapan putih atau kuning di kelopak mata.

Baca juga :
Operasi Katarak
Operasi Katarak Gratis

3. Usia Lanjut Lebih Berisiko

Gangguan metabolisme sebagai faktor kunci adanya endapan kalsium alias bendol di kelopak mata salah satunya karena faktor usia.

Seseorang ketika semakin bertambah tua, bisa semakin memicu perlambatan proses metabolisme atau mengubah makanan menjadi sumber energi tubuh.

Walhasil, para orang tua mengeluhkan mata yang mengganjal dan itu berupa benjolan kecil-kecil berwarna putih kekuningan di area konjungtiva kelopak mata, entah atas maupun bawah. Tidak heran jika pengidap mata Lithiasis ini adalah mereka yang sudah usia lanjut.

4. Disebabkan oleh Peradangan Kronis

peradangan kronis sebabkan lithiasis

Ketika sistem imun tubuh bekerja terlalu keras dalam menangis ancaman atau dalam mempertahankan mode serangan dalam waktu lama, maka Lithiasis juga bisa terjadi.

Proses pertempuran imun dan ancaman dalam tubuh itulah yang disebut peradangan kronis dan memicu benjolan mengganjal di mata.

5. Bisa Lebih Parah dan Diberi Tindakan Bedah Minor

Apabila lithiasis ini menimbulkan gangguan seperti rasa mengganjal terus-menerus dan iritasi karena gesekan benjolan itu di area bola mata, maka dapat dilakukan tindakan bedah minor.

Bedah minor sendiri adalah tindakan operasi ringan oleh dokter mata dengan menggunakan anestesi lokal sekaligus area yang diangkat sebagian yakni dalam hal ini akar dari Lithiasis.

Jadi, bila saudara atau teman Sahabat KMU memiliki keluhan yang menyerupai Lithiasis ini, maka jangan ragu untuk konsul dm ya.

Bisa datang ke klinik mata terdekat misalnya Klinik Mata KMU yang siap membantu melakukan pemeriksaan dan tindakan tepat untuk menyelesaikan Lithiasis. Kamu juga bisa melakukan konsultasi dokter mata terkait segala keluhanmu.

Bagi Sahabat KMU yang akan melakukan pendaftaran dan butuh informasi lebih lanjut, bisa hubungi 031-393 0011 7 Whatsapp Klinik Mata KMU  0822 3205 3333

Tonton juga yuk, video singkat edukasi kesehatan berikut ini : 

1 thought on “Lithiasis – 5 Fakta Benjolan Kuning di mata ini Perlu Kamu Tahu”

  1. Halo dokter saya berumur 15 tahun tpi ad penyakit ini muncul di mata saya saya takut kenapa² ini solusinya bagaimana dok? Saya takut mata sy akan parah soalny jika bergerak saat menghadap ke bawah mata terasa sakit ,mohon solusinya dok

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *