Operasi Lasik

Wajib Tahu! Inilah 3 Jenis Teknik Operasi Lasik

LASIK adalah prosedur bedah mata dengan teknologi laser untuk memperbaiki gangguan penglihatan seperti rabun jauh, rabun dekat, atau mata silinder. Operasi LASIK mata dapat menjadi pilihan bagi Anda yang kurang nyaman menggunakan kacamata atau lensa kontak. Namun selayaknya operasi mata lainnya, LASIK pun punya efek samping yang penting diketahui jika Anda ingin melakukannya.

Apa itu operasi LASIK?

LASIK (laser-assisted in situ keratomileusis) adalah salah satu jenis bedah refraktif, yaitu operasi mata yang bertujuan memperbaiki gangguan refraksi (pembiasan) mata. Operasi LASIK mata dapat mengobati rabun jauh (miopi), rabun dekat (hipermetropi), dan mata silinder (astigmatisme).

Bagaimana prosedur LASIK mata dilakukan?

Berikut adalah macam-macam operasi refraktif yang dilakukan untuk menghilangkan mata minus, plus, hingga silindris:

PRK (Generasi Pertama Laser Vision Correction)

PRK

Photorefrective keratectomy atau biasa disebut PRK adalah generasi pertama dari laser vision correction. Prosedur ini ditandai oleh ablasi pada permukaan kornea. Secara umum, proses pemulihan PRK lebih lama dan memberi rasa kurang nyaman dibandingkan dengan teknik correction lainnya, serta teknik ini cenderung memberi rasa kurang nyaman. Prosedur PRK masih tetap digunakan sesuai indikasi tertentu.

Prosedur PRK

LASIK / Femto-LASIK (Generasi Kedua Laser Vision Correction)

Lasik

Laser-assisted in situ keratomileusis atau biasa disebut LASIK adalahgenerasi kedua laser vision correction. Proses pemulihan berlangsung cepat dan pasca operasi lebih nyaman daripada PRK, serta efek terjadinya mata kering pasca lasik lebih ringan.

Prosedur Lasik

RELEX SMILE (Generasi Ketiga Laser Vision Correction)

Relex SMILE

Refractive lenticule extraction with small incisionlenticule extraction, atau bisa disebut ReLex SMILE adalah generasi ketiga laser vision correction yang lebih canggih dari PRK dan LASIK. Prosedur ReLex SMILE hanya membutuhkan sedikit sayatan (2-4mm), tanpa flap; yang merupakan penggabungan keunggulan dari dua teknik sebelumnya, yaitu PRK dan LASIK.

Dengan tidak adnya flap , menjadikan lapisan terluar korne tetap utuh. Selain itu, ReLex SMILE juga dapat meminimalisasi efek samping pasca laser vision correction seperti mata kering pasca operasi tindakan laser vision correction, seperti mata kering. Secara keseluruhan, prosedur ReLex SMILE cenderung sangat nyaman dan proses pemulihan pengelihatan berangsung sangat cepat.

Prosedur Relex SMILE

Baca juga:
– Mengenal 2 Jenis Lensa Premium Untuk Katarak
Lensa Premium Pada Operasi Katarak
Emang bisa? Tidak Pakai Kacamata Pasca Operasi Katarak
Kelebihan Lensa Premium Pasca Operasi Katarak –
– 4 Manfaat Lensa Premium pada Operasi Katarak
– Ternyata ada 3 Jenis Lensa Premium (IOLs Premium)

2 thoughts on “Wajib Tahu! Inilah 3 Jenis Teknik Operasi Lasik”

  1. Pingback: Operasi Lasik? Bahaya, Mitos atau Fakta? - Klinik Mata KMU

  2. Pingback: Dokter Mata: Lebih Detail Mengenal Peran & Definisi

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *