Bukan Hanya Lansia! 5 Gejala Katarak Ini Mengincar Siapa Saja

Katarak merupakan gangguan mata yang ditandai dengan kekeruhan pada lensa mata seseorang. Gangguan ini akan memberikan ketidaknyamanan bagi pasien karena pandangan yang kabur atau buram. Sebaiknya, Anda segera memeriksakan diri ketika mengalami gejala Katarak.

Katarak adalah penyebab kebutaan nomor 1 di Indonesia bahkan dari data WHO menyebutkan, bahwa Katarak merupakan penyebab kebutaan terbesar di dunia. Karena itu, setiap orang patut waspada akan gejalanya.

Gejala Katarak ini bukan hanya terjadi pada lansia, karena itu setiap orang patut mewaspadainya.

Gejala Katarak
Waspadai gejala katarak yang berisiko menjangkiti siapa saja.

5 Gejala Katarak yang Patut Diwaspadai!

Sebagai informasi, Katarak merupakan salah satu kasus kegawatdaruratan mata yang harus diwaspadai. Karena itu, mengetahui gejalanya lebih awal akan membantu Anda menghindari penyakit atau komplikasi gangguan mata lainnya.

Penanganan lebih cepat, membuat Anda mendapatkan penanganan lebih cepat dan sembuh dari Katarak. Kenali 5 gejala Katarak, dan segera periksakan kondisi mata Anda bila mengalami sebagian besar gejala di bawah ini.

1. Pandangan Mata Kabur

Bila Anda mengalami gangguan penglihatan yang kabur atau buram, bisa jadi hal ini menjadi salah satu tanda datangnya Katarak.

2. Penglihatan Silau

Biasanya, seseorang akan melihat objek atau sekitar dengan jelas tanpa gangguan cahaya atau silau yang berlebihan. Namun, bagi penderita Katarak semua penglihatan akan terasa mengganggu karena adanya silau.

3. Pandangan Seperti Berasap

Bila pandangan Anda atau keluarga mengalami keburaman atau seperti berasap, maka bisa segera dipastikan kondisinya. Pandangan berkabut atau berasap, bisa jadi salah satu gejala Katarak namun juga karena faktor gangguan mata lain

4. Terjadi Perubahan Persepsi Warna

Orang yang menderita Katarak di usia produktif, akan merasakan perubahan pada persepsi warna in.

5. Penurunan Fungsi Penglihatan

Bila memang dirasa mulai sulit mengatur fokus atau melihat objek jarak jauh, maka bisa jadi hal ini menjadi suatu gejala yang patut diwaspadai

Karena itu, setiap orang harus mengetahui gejala Katarak ini. Sebab, individu atau hanya si penderita yang bisa merasakan keanehan atau keganjalan pada kondisi matanya.

Selain di penderita, keluarga dekat juga bisa membantu memantau perubahan kondisi mata yang bisa jadi merupakan gejala penyakit Katarak.

Baca Juga:
BIAYA OPERASI KATARAK TANPA JAHIT HANYA 5 JUTA!
WASPADA! KATARAK PENYEBAB KEBUTAAN NOMOR 1 DI INDONESIA
5.577 MATA KEMBALI MELIHAT MELALUI OPERASI KATARAK GRATIS

Segera Periksa Untuk Penanganan Katarak Lebih Cepat!

Hal yang sering diabaikan oleh para penderita Katarak adalah mengabaikan gejala Katarak. Padahal, ketika gejala penyakiit Katarak ini sudah dirasakan maka diagnosa dan tindakan bisa segera dilaksanakan.

Ketika diagnosa dilakukan lebih cepat, maka proses pengobatan atau tindakan pun menjadi lebih cepat. Selain pasien bisa melihat lebih jelas, pasien juga bisa memastikan dirinya terhindar dari komplikasi gangguan mata lainnya. Bilapun didapatkan diagnosa komplikasi gangguan mata, penanganannya juga bisa lebih cepat dan tidak terlanjur berbahaya atau dalam kondisi parah.

Untuk informasi terkini tentang kesehatan mata, silakan follow dan subscribe di akun media sosial Klinik Mata KMU:

Instagram: @KlinikMataUtama Youtube: Klinik Mata Utama Twitter: @klinikmatautama

Tonton juga info & tips kesehatan mata lainnya:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *