Katarak adalah

Waspada! Katarak Adalah Penyebab Kebutaan Nomor 1 di Indonesia

Halo sahabat KMU, pada kesempatan kali ini akan mengulas informasi terkait Katarak. Nah, Katarak adalah penyakit mata yang dapat menyebabkan kebutaan apabila tidak segera ditangani atau dilakukan pengobatan. Umumnya Katarak terjadi pada orang lanjut usia namun bisa juga terjadi pada usia muda karena faktor tertentu.  Gejala yang paling umum pada Katarak adalah pandangan pada penglihatan seperti berkabut yang di sebabkan karena kekeruhan lensa. 

Salah satu fakta mengenai Katarak adalah merupakan penyebab kebutaan nomor 1 atau penyebab kebutaan utama di Indonesia. Fakta ini diungkap langsung oleh Pusat Data dan Informasi Kementrian Kesehatan Indonesia (KEMENKES), disebutkan bahwa 34,47% penduduk Indonesia yang menderita Katarak mengalami kebutaan karena penyakit tersebut. Menurut World Health Organization (WHO)  Katarak juga menjadi penyebab kebutaan utama yang menduduki urutan nomor 1 dunia. 

 Tak heran, bila kita patut mewaspadai Katarak yang merupakan penyebab nomor 1 di Indonesia ini, tentunya bagi sahabat KMU yang peduli terhadap kesehatan mata harus mengambil langkah yang tepat untuk pencegahan terjadinya Katarak pada mata. Untuk informasi selengkapnya mengenai penyakit Katarak simak penjelasan berikut ini ! 

Baca juga :
6 Penyebab Katarak Yang Mengejutkan dan Solusi Efektifnya!
Wapada, Ini Faktor yang Menyababkan Nistagmus pada Bayi

Katarak adalah

Katarak Adalah Penyakit Yang Bisa Menyerang Siapa Saja!

Secara gambaran umum Katarak adalah penyakit pada mata yang dapat menyebabkan lensa mata mengalami kekeruhan sehingga akan menghalangi penglihatan mata manusia. Pada lensa mata normal ini bening, tetapi pada penderita katarak, lensa tersebut menjadi kabur atau buram karena adanya penumpukan protein yang mengganggu transparansi lensa. Gejala Katarak meliputi penglihatan kabur atau buram,

Pada dasarnya Katarak dapat terjadi karena proses kongenital atau karena proses degeneratif sehingga Katarak lebih rentan terjadi pada orang yang lanjut usia, oleh karena itu para lansia harus rutin untuk periksa mata ke dokter mata. Namun perlu diingat! Bahwasanya Katarak tak hanya menyerang orang-orang tertentu saja, seperti orang yang lanjut usia hingga faktor keturunan. 

Ada banyak faktor yang menyebabkan terjadinya Katarak. Diabetes adalah salah satu faktor sistemik yang mempercepat proses timbulnya katarak. Katarak adalah gangguan mata yang patut diwaspadai, karena Sebagian besar penderitanya bahkan enggan untuk segera memeriksakan diri.

Fakta lain mengenai Katarak adalah salah penyakit mata yang dimana proses penyembuhannya hanya dapat dilakukan dengan operasi Katarak, karena sejauh ini masih belum ada riset atau penelitian bahwa Katarak bisa sembuh dengan dilakukan pengobatan herbal.  

Namun, menariknya masih ada orang yang percaya bahwa Katarak bisa disembuhkan dengan cara herbal dengan alat bantu yang tentu tidak kredibel. Maka dari itu penting untuk menyaring informasi terlebih dahulu mengenai pengobatan pada penyakit Katarak ini. Untuk sahabat KMU yang mengalami Katarak bisa untuk melakukan tes mata KMU atau periksa mata KMU.

Penderita Katarak Bisa Sembuh Lebih Cepat 

Baca Juga:
Operasi Katarak
Lasik

Operasi Katarak Gratis

Katarak adalah penyakit mata yang harus segera dilakukan penanganan karena apabila Katarak dalam kondisi yang kronis bisa menyebabkan kebutaan pada penderitanya. Menunda penyembuhan Katarak bukanlah keputusan yang bijak karena keputusan tersebut akan berujung penyesalan dikemudian hari. 

Jika sahabat KMU atau pasien mata KMU mengalami Katarak maka sebaiknya untuk segera konsultasi dokter mata untuk segera mendapatkan penanganan berupa operasi Katarak. Selain penderita Katarak, untuk sahabat KMU yang mengalami masalah mata seperti mata minus, silinder dan lain sebagainya penting juga untuk melakukan pemeriksaan mata. 

Bagi pasien Katarak yang terkendala biaya untuk operasi Katarak maka bisa untuk menggunakan BPJS Kesehatan, karena klinik mata KMU sudah menyediakan layanan tersebut. Selain BPJS Kesehatan klinik mata KMU juga menyediakan program operasi Katarak gratis dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. 

Ayo segera untuk periksa di klinik mata KMU terdekat di kota kamu. Mengapa harus klinik mata KMU ? karena klinik mata KMU salah satu klinik mata yang mengutamakan kenyamanan pasien dengan didukung pelayanan dan fasilitas yang sesuai dengan standar serta menyediakan tenaga medis yang telah berpengalaman di bidang kesehatan mata. 

Atur Jadwal Konsultasi dan Bebaskan Keluhan Mata

Tonton juga info & tips kesehatan mata lainnya:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *