Waspada 7 Penyakit Mata Pasca Idul Fitri

 

Selama masa hari raya Idul Fitri akan ada banyak sekali suguhan makanan dan minuman baik yang rasanya manis maupun asin. Makanan maupun minuman yang punya rasa manis maupun asin ini sudah akan mempengaruhi kesehatan tubuh yang bahkan bisa berimbas pada kesehatan mata.

Waspada 7 Penyakit Mata Pasca Idul Fitri

Ada banyak sekali jenis penyakit yang ditimbulkan akibat konsumsi makanan dan minuman yang tidak terjaga pasca hari raya Idul Fitri. 

Jika berbicara soal efek makanan dan minuman yang tidak terjaga pasca Idul Fitri terhadap mata, maka dua penyakit yang sering jadi faktornya adalah diabetes dan tingkat kolesterol yang tinggi. 

Selain menyebabkan penurunan kondisi tubuh, diabetes dan kolesterol yang tinggi ini memicu gangguan pada kesehatan mata.

Tingkat kadar gula yang tinggi secara tidak langsung dapat menimbulkan perubahan pada lensa mata. Hal inilah yang kerap membuat penglihatan penderita jadi kabur. 

Bahkan jika dibiarkan dalam waktu yang lama tanpa penanganan apapun, diabetes atau kolesterol tinggi yang menyerang mata ini bisa merusak saraf retina yang berakibat hilangnya penglihatan atau buta. 

Jenis Penyakit Mata Yang Perlu Diwaspadai Pasca Idul Fitri

Apa saja sebenarnya gangguan mata yang bisa terjadi pasca hari Raya Idul Fitri akibat adanya potensi diabetes dan kolesterol tinggi? Simak berikut ini beberapa jenisnya: 

  • Retinopati Diabetik

Retinopati Diabetik terjadi saat efek diabetes sudah mulai mengganggu dan merusak pembuluh darah yang ada pada retina mata. 

Pada awalnya penderita mungkin hanya sekedar mengalami mata yang kabur. Namun seiring tingginya kadar gula penderita, penglihatan bisa sampai pada puncak kebutaan. 

  • Glaukoma

Ternyata penderita Diabetes juga punya resiko cukup tinggi untuk mengalami Glaukoma. Penderita akan mengalami tekanan bola mata akibat kondisi tubuh penderita Diabetes yang tidak stabil.

 

Baca juga: Fungsi Retina yang Cukup Penting

Durasi Metode Pneumatic Retinopexy

  • Ablasio Retina

Ablasio Retina merupakan gangguan mata berbahaya yang mana retina mata terlepas dari lapisan penyokong yang ada di bagian belakang mata. 

Umumnya ada banyak jenis Ablasio Retina, namun yang sering dialami penderita Diabetes adalah Ablasio Retina Traksional karena munculnya jaringan parut. 

Penanganan Ablasio Retina ini berbeda dengan penanganan gangguan retina seperti rabun atau minus yang bisa menggunakan teknik Lasik

  • Katarak

Umumnya gangguan Katarak memang lebih banyak dialami oleh pasien usia lanjut. Namun tidak menutup kemungkinan penderita diabetes muda juga bisa mengalaminya.

Akibat tingginya kadar gula, potensi Katarak ini semakin tinggi yang membuat lensa mata berwarna keruh. Katarak bisa diatasi dengan melakukan operasi Katarak

 

Baca juga: Penyebab Katarak dan Solusinya

Penanganan Operasi Katarak Gratis di KMU 

Vitamin Untuk Mata Katarak

  • Edema Makula Diabetik

Sesuai dengan namanya, gangguan mata ini juga bagian dari komplikasi Diabetes. Penderita Edema Makula Diabetik akan mengalami kondisi kaburnya penglihatan, utamanya pada area tengah bidang pandang. 

  • Xanthelasma 

Xanthelasma cenderung dialami oleh orang dengan tingkat kolesterol tinggi. Xanthelasma merupakan gumpalan lemak pada area mata.

Gangguan mata ini secara medis tidak berbahaya karena tidak menimbulkan rasa nyeri atau lainnya. Biasanya penderita hanya akan merasa kurang nyaman. Untuk penanganan bisa konsultasi dokter mata terdekat. 

  • Arcus Senilis

Arcus Senilis adalah gangguan mata berbentuk lingkaran seperti cincin yang berwarna putih atau abu-abu. Lingkaran ini merupakan zat lemak yang muncul di area sekitar kornea mata. 

Jenis gangguan kesehatan mata ini terbilang tidak berbahaya namun tetap harus ditangani, utamanya jika terjadi pada pasien usia muda. 

Yuk Periksa Mata Pasca Lebaran

Terlepas dari berbagai jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi saat lebaran, ada baiknya untuk selalu melakukan medical check up di rumah sakit terdekat. 

Utamanya jangan lupa untuk periksa mata ke dokter mata andalan dan terpercaya agar kondisi mata yang mungkin mengalami gangguan bisa segera ditangani. 

Mari biasanya cek kesehatan mata setelah hari Raya Idul Fitri. Anda bisa periksa kesehatan mata secara lebih mudah dan lengkap di Klinik Mata KMU terdekat. 

Atur Jadwal Konsultasi dan Bebaskan Keluhan Mata

 

Butuh informasi kesehatan mata yang lebih lengkap? simak video kesehatan mata berikut: 

https://youtu.be/85ed2nRjWn8?si=CdTGpbEwT6Zak8dt

https://youtu.be/JmW4rFYFbmo?si=7MQ6EPASkH1OjF6Y

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *