Konjungtivitis vernal

3 Cara Penanganan Pertama Konjungtivitis Vernal

Halo sahabat KMU, siapa nih yang tahu mengenai penyakit Konjungtivitis Vernal ? merupakan salah satu penyakit yang terjadi pada bagian kelopak mata lebih tepatnya pada bagian konjungtiva (lapisan tipis yang melapisi bagian dalam kelopak mata dan permukaan bola mata). Tentunya penyakit tersebut akan mengganggu kenyaman indra penglihatan. 

Penyakit tersebut tentunya harus segera ditangani sebelum menyebabkan komplikasi atau masalah lain yang timbul pada mata. Karena Konjungtivitis vernal yang berlanjut atau kronis dapat menyebabkan beberapa komplikasi dan masalah kesehatan mata yang lebih serius, salah satunya kerusakan Kornea. 

Untuk mengantisipasi hal tersebut sahabat KMU harus melakukan periksa mata terlebih dahulu ke dokter mata atau layanan kesehatan mata. Pada kesempatan kali ini akan mengulas mengenai penjelasan, gejala, penyebab dan pengobatan pada penyakit Konjungtivitis Vernal. Simak penjelasan berikut ini ! 

 

Baca juga :
Lasik
Operasi Katarak Gratis

Konjungtivitis vernal

Apa Itu Konjungtivitis Vernal ?

Konjungtivitis Vernal, juga dikenal sebagai konjungtivitis musiman atau Keratoconjunctivitis Vernal (KCV), merupakan kondisi peradangan yang terjadi pada konjungtiva (lapisan tipis yang melapisi bagian dalam kelopak mata dan permukaan bola mata). Jenis gangguan ini umumnya terjadi pada anak-anak dan remaja, terutama pada mereka yang tinggal di daerah yang memiliki musim semi yang kering dan berdebu

Penyakit ini terjadi karena respon alergi yang terjadi pada mata dan akan menimbulkan rasa tidak nyaman pada mata. Ada beberapa penyebabnya timbulnya penyakit tersebut pada area konjungtiva mata, antara lain : 

  1. Alergi : Penyakit ini seringkali dipicu oleh reaksi alergi terhadap alergen udara seperti serbuk sari, debu, atau bulu binatang.
  2. Faktor Lingkungan : Lingkungan yang kering dan berdebu dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit tersebut. 
  3. Faktor Genetik : Dalam beberapa kasus faktor genetik juga dapat berperan dalam perkembangan penyakit ini, dengan riwayat keluarga yang menderita kondisi serupa.

Pada kondisi ini, peran orang tua sangat penting untuk memperhatikan kondisi kesehatan mata anak mereka karena kebanyakan kasus pada penyakit Konjungtivitis Vernal sering terjadi pada usia anak hingga remaja. Orang tua mungkin perlu menggunakan pelindung mata pada mata anak saat mereka beraktivitas diluar ruangan serta selalu menjaga kebersihan lingkungan rumah. 

Fakta Yang Terjadi 

Ada 3 fakta yang terjadi pada penyakit yang menyebabkan peradangan pada daerah Konjungtiva adalah sebagai berikut :

  1. Banyak terjadi dilingkungan dengan cuaca yang panas
  2. Paling banyak mengenai laki-laki berusia 1- 22 tahun
  3. Membaik setelah memasuki usia pubertas

3 fakta yang telah disebutkan bisa untuk di jadikan acuan dalam meningkat kewaspadaan terjadinya penyakit Keratoconjunctivitis Vernal (KCV). 

 

Konjungtivitis vernal

Gejala Yang Timbul Pada Mata 

Untuk sahabat KMU atau pasien mata KMU, perlu mengetahui gejala dari penyakit tersebut, antara lain : 

  • Mata Merah : Umumnya penderita akan mengalami mata merah yang diakibat karena peradangan di area konjungtiva
  • Mata Gatal : Penyakit yang terjadi akibat alergi ini akan menimbulkan rasa gatal pada area mata 
  • Mata Berair : Mata akan memproduksi air mata secara berlebih 
  • Keluar Kotoran : Umumnya mata akan mengeluarkan kotoran yang berlebih berbeda dengan mata normal yang mengeluarkan kotoran saat pagi hari atau bangun tidur
  • Mata Bengkak : Peradangan yang terjadi di area konjungtiva akan menyebabkan mata bengkak 

Sebaiknya apabila mengalami gejala tersebut untuk segera melakukan konsultasi dokter mata guna untuk dilakukan penanganan. Apabila penaganan dilakukan dengan tepat maka penyakit tersebut akan dapat segera diatasi. 

Pengobatan Pada Konjungtivitis Vernal

Ada penanganan pertama yang harus dilakukan oleh sahabat KMU atau para orang tua, antara lain : 

  1. Jangan mengucek mata, bila terasa gatal
  2. Jika mata terasa gatal, kompres dingin di bagian mata tersebut
  3. Gunakan kacamata pelindung berwarna gelap apabila berada di luar Rumah pada siang hari

Pengobatan yang diberikan oleh dokter mata untuk mengatasi Konjungtivitis Vernal ini adalah dengan pemberian antihistamin/anti alergi. Tujuannya untuk meredam reaksi alergi dan air mata buatan yang bisa mengurangi keluhan pada penderita.

Jangan lupa untuk memilih klinik mata KMU sebagai tempat konsultasi kesehatan mata, klinik mata KMU menyediakan layanan tes mata KMU atau periksa mata KMU, operasi Katarak, operasi Glaukoma yang bertujuan untuk mengatasi masalah pada mata, seperti mata minus, Silinder, Katarak dan lain sebagainya. 

Ayo untuk segera kunjungi klinik mata KMU terdekat di kota kamu apabila ingin melakukan pemeriksaan mata atau mengambil tindakan pada mata kamu ! 

Atur Jadwal Konsultasi dan Bebaskan Keluhan Mata

Saksikan juga video lain tentang kesehatan mata di bawah ini : 

Baca juga:
Operasi Katarak Gratis
– Ternyata ada 3 Jenis Lensa Premium (IOLs Premium)
LASIK

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *