Pencuri Penglihatan

Pencuri Penglihatan/Glaukoma oleh Dokter Spesialis Mata KMU

Halo sahabat KMU, pada pembahasan kali ini akan mengulas tentang penyakit yang di juluki dengan pencuri penglihatan, apakah sahabat KMU sudah apa nama dari penyakit ini ? nama penyakit yang di juluki sebagai pencuri penglihatan adalah Glaukoma. Penyakit mata Glaukoma ini hadir tanpa keluhan namun bisa sebabkan kebutaan pada mata. 

Penyakit Glaukoma ini tentunya menjadi penyakit yang perlu diwaspadai, seperti julukannya yaitu si pencuri penglihatan, penyakit ini merupakan kebutan nomor 2 dunia setelah Katarak. Kebutaan yang disebabkan oleh penyakit Glaukoma ini bersifat permanen berbeda dengan kebutaan yang disebabkan oleh penyakit Katarak yang dimana kebutaannya masih bisa disembuhkan melalui operasi Katarak

Tentunya penting untuk sahabat KMU menambah wawasan terkait penyakit dengan julukan si pencuri penglihatan (Glaukoma) supaya pencegahan dapat dilakukan di awal. Simak penjelasan berikut ini untuk informasi selengkapnya mengenai penyakit Glaukoma !

Baca juga :
Operasi Katarak Gratis
Lasik
4 FAKTA GLAUKOMA: KEHADIRANNYA YANG TAK TERDETEKSI DAN POTENSI KEBUTAAN PERMANEN

Pencuri Penglihatan

Apa Itu Glaukoma ?

Untuk menjelaskan mengenai penyakit yang memiliki julukan si pencuri penglihatan atau Glaukoma akan dibantu oleh narasumber yang ahli dalam bidangnya beliau bernama dr. Danti Ayu Irawati, SpM, beliau merupakan dokter mata yang praktek di klinik mata KMU. 

Menurut penjelasan dari dr. Danti Ayu Irawati, SpM, Glaukoma merupakan penyakit pada saraf mata atau optic disk (daerah pada mata tempat saraf mata memasuki retina dan merupakan pertemuan seluruh syaraf mata) yang disertai dengan tekanan bola mata yang tinggi dan kerusakan lapang pandang. Umum penderita tidak akan menyadari ketika mengalami Glaukoma karena penyakit ini terjadi tanpa keluhan. 

Glaukoma sendiri terbagi menjadi 2 yaitu Glaukoma sudut tertutup dan Glaukoma sudut terbuka, berikut perbedaan dari 2 jenis Glaukoma : 

  • Glaukoma sudut tertutup : Glaukoma sudut tertutup disebabkan oleh penyumbatan tiba-tiba saluran keluar cairan mata (humor akuos) yang menyebabkan peningkatan tekanan intraokular secara cepat. Penyumbatan ini bisa disebabkan oleh sudut mata yang sempit sehingga cairan mata tidak dapat mengalir keluar dengan baik.
  • Glaukoma sudut terbuka : Glaukoma sudut terbuka terjadi ketika aliran keluar cairan mata terhambat secara perlahan, biasanya karena sudut terbuka mata tidak memungkinkan cairan mata mengalir keluar dengan efisien. Ini menyebabkan peningkatan tekanan intraokular secara bertahap.

Dalam kedua jenis glaukoma ini, kerusakan pada saraf optik dapat terjadi secara bertahap dan tidak terbalik, menyebabkan kehilangan penglihatan permanen jika tidak diobati. Oleh karena itu, penting untuk mendeteksi dan mengobati glaukoma sejak dini melalui pemeriksaan mata teratur.

Baca juga :
Hanya 7 Juta! Operasi Katarak di Klinik Mata KMU Trenggalek Cerahkan Penglihatan
Jarak Pandang Mata dengan Komputer dan Layar Gadget

Pencuri Penglihatan

Glaukoma Si pencuri Penglihatan Yang Mengintai Siapa Saja

Si pencuri penglihatan ini berbeda dengan penyakit Katarak yang dimana orang yang mengalami Katarak kebanyakan dari orang yang lanjut usia (Lansia). Sedangkan bagi penderita Glaukoma tidak memandang usia dan bisa terjadi pada usia produktif. Adapun beberapa faktor risiko mengalami Glaukoma, antara lain : 

  1. Pasien yang mengalami penyakit Diabetes Melitus 
  2. Pasien yang mengalami mata minus tinggi
  3. Pasien dengan usia lebih dari 40 tahun
  4. Pasien yang memiliki keturunan Glaukoma
  5. Pasien yang mengalami Hipertensi

Supaya penyakit yang memiliki julukan si pencuri penglihatan ini tidak merenggut penglihatan dari sahabat KMU, sebaiknya sahabat KMU atau pasien mata KMU yang masuk kedalam kriteria faktor risiko mengalami Glaukoma segera untuk melakukan screening ke dokter mata atau di klinik mata KMU terdekat. Hal itu penting dilakukan karena Glaukoma menyerang pasien tanpa keluhan. 

Bagi kalian yang sayang terhadap kesehatan mata, maka klinik mata KMU akan membantu untuk memastikan kondisi mata anda dalam kondisi yang baik dengan dilakukannya pemeriksaan dan konsultasi dokter mata secara rutin. Bagi sahabat KMU yang ingin melakukan pengecekan kesehatan mata bisa memanfaatkan layanan tes mata KMU atau periksa mata KMU.  Mari bersama – sama menjaga kondisi kesehatan supaya si pencuri penglihatan (Glaukoma) tidak merenggut penglihatan mata kita !

Bagi Anda yang mengalami keluhan atau gangguan terhadap mata, bisa mengunjungi Klinik Mata KMU terdekat, ayo untuk segera datang ke klinik mata KMU !

Sumber : dr. Danti Ayu Irawati, SpM

Atur Jadwal Konsultasi dan Bebaskan Keluhan Mata

Saksikan juga video lain tentang kesehatan mata di bawah ini :