5 Fakta Buta Warna Ini Perlu Kamu Ketahui

Apa yang Sahabat KMU ketahui tentang Buta Warna/Color blind?
Dijelaskan oleh Dokter Spesialis Mata Klinik Mata KMU dr. Irma Suryani, SpM, Color Blind merupakan penglihatan warna-warna yang tidak sempurna, karena sel-sel retina tidak mampu merespon warna dengan semestinya. Sehingga, sel-sel kerucut di dalam retina mata mengalami pelemahan atau kerusakan permanen.

Buta warna

Ada 5 fakta tentang Buta Warna yang harus diketahui, diantaranya:

1. Penderita Color Blind tidak dapat membedakan warna hijau dan merah, atau warna lain. Banyak orang beranggapan, penderita Buta Warna hanya susah membedakan warna hijau dan merah, padahal bisa jadi penderita susah membedakan semua warna.

2. Tipe Buta warna : Tipe pertama adalah protan dimana penderita tidak dapat membedakan warna hijau karena bagian mata yang sensitive terhadap warna hijau tersebut rusak. Sementara itu, Tipe kedua adalah deutan yaitu penderita tidak dapat membedakan warna merah karena bagian mata yang sensitif terhadap warna merah. Tipe deutan ini paling sering terjadi di masyarakat.

3. Warna dapat juga ditemukan pada penyakit makula, saraf optik, dan kelainan retina. Pada kelainan retina, ditemukan cacat relatif penglihatan warna biru dan kuning. Sedangkan, kelainan saraf optik berdampak pada kesulitan penderita melihat warna merah dan hijau

4. Color Blind merupakan penyakit keturunan yang dominan atau didominasi para pria, tetapi tidak pada wanita. Wanita secara genitis sebagai carrier.

5. Penderita buta warna tidak buta terhadap seluruh warna. Akan lebih tepat bila disebut gejala defisiensi daya melihat warna tertentu saja atau colour vision difiency.

Baca Juga: – Cuci tangan cegah penyakit mata pada seseorang
Pastikan Pemakaian & Penyimpanan Maskermu Benar!
Tips Bekerja Sehat Depan Komputer – Podcast Mata KMU 1
2 Gangguan Mata Sekaligus Teratasi Dengan Lensa Premium Pada Operasi Katara
k

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *