Cara Cegah Retinopati Diabetik dengan Terapi Ini
cara cegah retinopati diabetik

Cara Cegah Retinopati Diabetik dengan Terapi Ini

retinopati-diabetik-kmu

Sebelum membahas Cara Cegah Retinopati Diabetik mari mengenal lebih jauh mengenai penyakit ini. Salah satu penyakit yang bisa mengancam penglihatan manusia adalah Diabetes Militus. Dijelaskan Dokter Spesialis Mata Klinik Mata KMU dr. Fitria Romadiana, SpM(K), penyakit Diabetes Militus bisa mengakibakan gangguan mata yang disebut Retinopati Diabetik (Diabetic Retinopathy).

Retinopati Diabetik adalah  kerusakan pada saraf mata akibat Diabetes Militus. Pada kasus ini, penderitanya bahkan bisa mengalami kebutaan.

Sayangnya, bila kerusakan pada saraf mata ini sudah terjadi,maka tidak bisa dikembalikan. Sebab, gangguan ini bersifat Irreversibel (tidak bisa kembali).

Lalu, bagaimana cara cegah retinopati diabetik?

Cara Cegah Retinopati Diabetik

Bagi penderita yang sudah mengalami gangguan penglihatan karena Retinopati Diabetik (Diabetic Retinopathy), maka harus segera melakukan terapi Laser Fotocoagolasi (photocoagulation).

Terapi ini sangat berguna untuk mencegah terjadinya kebutaan, dengan cara mempertahankan penglihatan terkini. Hal ini akan semakin baik, bila didukung dengan kontrol gula darah yang baik. Agar kondisi penglihatan tak semakin buruk.

Di Klinik Mata Utama sendiri, memiliki alat untuk melakukan terapi Laser Fotocoagolasi (photocoagulation). Menariknya, alat ini dilengkapi panjang gelombang 5,32 nano meter. Sehingga terapi yang dilakukan lebih efektif.

Semakin dini Anda melakukan pemeriksaan dan tindakan atau terapis, maka penglihatan yang terselamatkan juga semakin baik. Pemeriksaan dan tindakan secara dini ini menghindari terjadinya komplikasi pada mata.

Bila Anda merasa sebagai penderita Diabetes Militus, maka segeralah memeriksakan diri untuk menghindari kebutaan.

Bagi Anda yang mengalami keluhan atau gangguan terhadap mata, bisa mengunjungi Klinik Mata KMU terdekat atau bisa juga menggunakan KMU Telecons

1 thought on “Cara Cegah Retinopati Diabetik dengan Terapi Ini”

  1. Pingback: Hari Diabetes Sedunia 2020: Penderita Diabetes Dibayangi Kebutaan

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *