tanaman herbal

7 Tanaman Herbal Untuk Kesehatan Mata Ini Bisa Kamu Manfaatkan

Kesehatan mata adalah suatu kondisi berharga yang perlu dijaga, selama hidup kita. Selain menjaga mata dengan topi serta kacamata hitam dari sinar matahari, membatasi interaksi layar gadget maupun komputer, ada juga asupan berupa tanaman herbal yang bermanfaat untuk mata.

Sangat banyak jenisnya, tanaman herbal bisa jadi konsumsi yang enak dan menyehatkan demi penglihatan yang tetap jernih dan tajam.

Tentu Sahabat KMU tidak mau bukan, mata kita terganggu karena suatu penyakit karena mengabaikan upaya pencegahan. Apalagi kita sehari-hari sangat akrab dengan layar, jika tidak jaga kesehatan mata bisa memicu hadirnya penyakit mata lho!

Baca juga : Bahaya Sinar UV Pada Mata, ini 4 Cara Melindunginya

Memelihara Mata dengan Tanaman Herbal

Bagi Sahabat KMU yang belum tahu, tanaman herbal adalah tumbuhan yang telah diriset berdasarkan pengamatan manusia, yang memiliki kandungan bermanfaat untuk mencegah, menyembuhkan penyakit, melakukan fungsi biologis tertentu, hingga mencegah serangan serangga dan jamur.

Sejarah tanaman herbal sudah sejak lama menjadi cara masyarakat untuk mempertahankan kondisi kesehatan tubuh, termasuk mata. Tidak sulit, bisa ditanam di rumah, dan dipanen sesukanya saat membutuhkan.

Khasiat dari berbagai tanaman herbal tidak terbatas untuk minuman menyegarkan atau penambah citarasa makanan saja. Lebih dari itu, organ mata juga sangat berterima kasih pada Sahabat KMU yang rutin mengkonsumsi tanaman herbal tertentu.

Baca juga : 

Katarak

Bunga Katarak (Daun Kitolod) Sembuhkan Katarak: Mitos atau Fakta?

7 Tanaman Herbal untuk Menjaga Kesehatan Mata 

Entah itu ditanam sendiri maupun membeli, tanaman herbal sangat mudah didapatkan. Bisa diolah dengan berbagai cara, tanaman herbal tetap enak dan bermanfaat untuk treatment mata sehat.

Nah, bisa dipilih sesuai dengan selera, ketersediaan, dan kebutuhan sesuai khasiat, berikut informasi 7 tanaman herbal untuk kesehatan mata yang optimal.

Daun Sirih

daun sirih

Tanaman herbal pertama adalah daun sirih, yang punya kandungan sebagai antioksidan serta anti jamur, antibakteri,dan zat antiseptik. Vitamin A dan C yang baik untuk mata juga ada pada daun sirih ini.Pada umumnya, daun sirih akan direbus dan air rebusannya dipakai sebagai minuman. Jadi tidak hanya ditempel ke mata ya Sahabat KMU.

Baca juga :  

Operasi katarak
Operasi Katarak Gratis

Wortel

Hampir semua orang tahu, bahwa sayur yang satu ini sangat berjasa dalam menjaga kesehatan mata. Bisa diolah menjadi minuman segar maupun makanan lezat, wortel sanggup lepaskan radikal bebas dalam tubuh. 

Selain itu, kandungan beta karoten, vitamin C dan B6, kalsium, kalium fosfor, dan serat, akan ditransformasi tubuh jadi vitamin A yang berperan besar mempertahankan fungsi tiap bagian mata. Tapi perlu jadi perhatian, wortel tidak bisa mengurangi mata minus ya.

Baca juga :
LASIK
Bisakah Biaya Lasik Ditanggung BPJS Kesehatan?

Bunga Telang

Tanaman herbal yang merambat dan berbunga ungu terang ini umum dipakai untuk pewarna makanan dan minuman, yang tentu kaya kandungan. 

Kandungan berupa antioksidan dan proanthocyanidin bisa mendukung mata sehat supaya terus berfungsi dalam melihat secara jernih.

Bunga Mawar

Untuk tanaman herbal satu ini, tidak hanya sebagai simbol cinta yang sangat indah untuk diberikan pada orang tersayang. Tidak juga untuk bahan kecantikan saja.

Mawar bisa diolah menjadi asupan, yakni kelopaknya. Air mawar memiliki kandungan anti-inflamasi kuat, yang bisa membantu meredakan iritasi atau radang pada bagian tubuh termasuk mata.

Selain itu, bisa juga untuk membantu mencegah datangnya infeksi kuman karena sifat antiseptik dan analgesik.

Daun Binahong

daun binahong

Daun yang mengandung zat besi, kalsium, Vitamin C dan A, serta protein fosfor, kalium, beta karoten, dan lain sebagainya ini sangat berjasa untuk mata.

Tanaman herbal binahong bisa mencegah sel kanker, membantu cegah mata minus, perlindungan ekstra dari radikal bebas, termasuk menyeimbangkan dampak kita menatap layar sehari-hari agar tidak menyerang retina mata.

Lidah Buaya

Tanaman herbal yang akrab sebagai bahan skincare ini juga berperan besar untuk menjaga kesehatan mata dari peradangan dan mata kering. 

Tapi penggunaan lidah buaya bukan langsung dioleskan ke mata ya Sahabat KMU, karena akan perih. Melainkan dioles ke bagian kelopak mata atau diolah menjadi minuman segar.

Kunyit

Mencegah dari resiko Glaukoma, adalah salah satu fungsi kandungan kunyit. Antioksidannya juga sangat bagus untuk tangkal radikal bebas. Iritasi dan mata merah, juga bisa dicegah dengan anti-inflamasi pada Kunyit.

Tidak sedap dimakan langsung, kunyit biasa digunakan sebagai bumbu masakan atau bisa jadi minuman seperti jamu yang hangat untuk tubuh

Baca juga : 

8 Vitamin Mata dan Sumber Alami Makanan yang Mengandungnya

Manfaat Vitamin A Bagi Tubuh, Khususnya Untuk Retina Mata

Yuk, Rutin Periksa Mata

Tubuh dan mata yang sehat, aktivitas lancar, karya pun tercapai. Aset penglihatan kita harus kita jaga sampai akhir hayat kita, salah satunya dengan mengonsumsi berbagai tanaman herbal dalam asupan sehari-hari kita.

Jangan sampai ya Sahabat KMU, mata kita terkena penyakit mata berbahaya yang mengancam penglihatan. Apalagi mata kita tidak ada gantinya lagi.

Jadi selagi bisa mencegah, ayo rutin periksa mata minimal 6 bulan sekali. Selagi sudah ada gejala, jangan ragu untuk segera konsultasi dokter mata.

Dokter mata nanti akan memeriksa dan memberi penanganan terbaik untuk Sahabat KMU agar mata kembali pulih. 

—–

Sumber : dr. Irma Suryani

Yuk sayangi kesehatan mata. []
KMU – Jelas Lebih Jelas

Tonton juga yuk, video edukasi kesehatan berikut ini :