Berminat Jadi Perawat Mata? Ini 7 Tugas Utamanya

Ada yang berminat menjadi perawat mata? Atau justru Sahabat KMU sudah menjadi bagian dari profesi perawat mata ini. Pada dasarnya, perawat mata berasal dari profesi keperawatan. Perawat adalah profesi kesehatan yang difokuskan pada perawatan individu hingga komunitas dalam mencapai, memelihara, dan proses pemulihan kesehatan yang optimal.

Sedangkan perawat mata merupakan profesi perawat yang melakukan tugas keperawatan khusus di bidang kesehatan mata. Dalam hal ini, mereka merupakan tenaga medis berdampingan langsung dengan dokter spesialis mata.

Karena itu, dibalik suksesnya tindakan operasi mata yang dilakukan oleh dokter mata, ada peran penting “perawat instrument bedah mata”.  Ada beberapa hal yang mungkin akan berbeda dengan perawat instrumen bedah lainnya.

Namun, semua hal ini harus dilakukan dan dipersiapkan dengan tepat dan benar. Klinik Mata KMU juga menyiapkan tenaga medis profesional (termasuk perawat) yang mendampingi dokter mata.

Tugas Perawat Mata

Baca Juga:
Penting! Begini 6 Perawatan Pasca Operasi Katarak Dengan Benar
— 5 Hal Penting Bagi Pasien Saat Memilih Poli M
ata
— Hanya 15 Menit, Teknik Operasi Katarak yang Makin Diminati

Tugas Utama Perawat Mata

Tugas utama perawat mata sama dengan tugas utama perawat pada umumnya, hanya saja ada beberapa persiapan medis yang harus dilakukan untuk penanganan di kasu-kasus yang terjadi pada organ mata. Khususnya, untuk saat mendampingi dokter mata melakukan bedah mata. Berikut 7 tugas utama perawat instrument bedah mata:

1. Mempersiapkan kebutuhan operasi

Hal ini berkaitan dengan melakukan pemeriksaan kebersihan ruang, peralatan operasi, hingga obat yang akan digunakan untuk proses bedah mata

2. Menyiapkan set instrumen steril sesuai jenis pembedahan

Set instrument untuk bedah mata ini pastinya berbeda dengani intrumen atau alat bedah dalam keperluan operasi lainn

3. Menyiapkan cairan antiseptic/ desinfektan sesuai keperluan pembedahan

Menjadi perawat mata, akan membuat Anda lebih hafal dengan berbagai kebutuhan instrument bedah mata. Karena memiliki profesi sebagai perawat yang menjadi pendamping dokter spesialis mata, tentu akan membuat Anda selalu bertemu dengan hal-hal medis terkait organ penglihatan ini.

4. Menata instrumen steril sesuai urutan prosedur pembedahan

5. Memberikan bahan desinfeksi kulit daerah yang akan disayat

6. Memasang laken steril/eye drape untuk prosedur draping.

7. Memberikan instrumen kepada ahli bedah sesuai urutan prosedur dan kebutuhan tindakan pembedahan secara tepat dan benar.

Dari 7 tugas pokok perawat di bidang kesehatan mata tersebut, apa Sahabat KMU masih ada yang berminat melakoni profesi ini?
Bila tertarik, Anda dapat menyiapkan diri mulai sekarang!

Berbagai hal terkait tugas perawat di bidang kesehatan mata ini, barang tentu akan memberikan pengalaman berbeda dan menarik dalam keprofesian Anda.

Untuk informasi terkini tentang kesehatan mata, silakan follow dan subscribe di akun media sosial Klinik Mata KMU:

Instagram: @KlinikMataUtama Youtube: Klinik Mata Utama Twitter: @klinikmatautama

Tonton juga info & tips kesehatan mata lainnya:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *