Operasi Katarak Sakit gak sih?

Operasi Katarak Sakit? Ini Faktanya

Pertanyaan  yang sering ditanyakan oleh calon pasien atau keluarga penderita Katarak adalah rasa sakitnya. Lalu sebenarnya, apakah Operasi  Katarak Sakit? Faktanya operasi atau prosedur bedah Katarak ini dilakukan dengan aman oleh dokter mata professional sehingga tidak menimbulkan rasa sakit saat proses Operasi Katarak berlangsung.

Operasi Katarak Sakit?

Saat proses operasi berlangsung, pasien akan diberikan bius lokal pada mata (berupa obat tetes) yang membuat pasien Tidak Merasa Sakit. Obat bius ini akan diberikan selama persiapan operasi Katarak oleh perawat mata sebelum ditangani oleh dokter spesialis mata

Baca Juga: Berapa Lama Operasi Katarak Berlangsung?

Prosedur Aman Minim Rasa Sakit

Hingga saat ini, belum ada penelitian terkait obat atau terapi yang dapat menyembuhkan Katarak, selain menggunakan atau melalui tindakan operasi Katarak. Seiring berkembanganya zaman, Operasi Katarak terbaru dan tercanggih, yang dikenal sebagai operasi Katarak Phacoemulsification (Tanpa Jahit) merupakan operasi Katarak yang aman.

Hanya dokter spesialis mata berpengalaman dan professional yang bisa mengoperasikan Phacoemulsification ini.

Operasi Katarak ini merupakan prosedur yang sanagt minim risiko. Karena itu, dokter mata sangat detail dalam persiapan operasi Katarak. Kondisi kesehatan mata dan tubuh secara menyeluruh harus benar-benar melalui skrining dokter mata.

Tak ada lagi istilah operasi katarak sakit, bila Anda atau keluarga menggunakan operasi katarak Phaco. Sebba, operasi Katarak tercanggih ini tidak menimbulkan rasa sakit yang berlebihan, bahkan lebih nyaman dibandingkan teknik operasi Katarak yang lain.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Operasi Katarak Gratis 2021 di Klinik  Mata KMU

Bagaimana Setelah Operasi Katarak?

Pada operasi Katarak dengan teknik Phacoemulsification (tanpa jahit), sayatan yang digunakan sangatlah kecil sehingga rasa sakit yang dirasakan sangatlah minim. Pasien hanya perlu mentaati syarat atau aturan pasca Operasi Katarak.

Bila pasien semakin patuh akan aturan pasca operasi Katarak, maka masa pemulihannya juga akan lebih cepat.

Baca Juga: Penting! Begini 6 Perawatan Pasca Operasi Katarak Dengan Benar

Pilihan Operasi Katarak

Anda dapat memilih operasi Katarak berdasar teknik yang Anda inginkan (dalam hal ini dokter spesialis mata akan memberikan arahan, manakah teknik operasiyang terbaik bagi Anda). Anda juga dapat memilih operasi Katarak dengan menyesuaikan biaya operasi Katarak itu sendiri.

Selain Operasi Katarak yang standar atau dilakukan pada umumnya, yakni operasi Katarak Phaco + Lensa standar, ternyata ada operasi Katarak premium yang menjadi pilihan menarik dan spesial untuk keluarga Anda. Anda bisa melakukan konsultasi dengan dokter ata terdekat untuk menentukan operasi katarak terbaik untuk Anda atau keluarga.

Baca Juga: 3 Hal Ini Pengaruhi Harga Operasi Katarak

Operasi Katarak Premium

Operasi Katarak Premium adalah operasi Katarak yang memiliki kelebihan dari berbagai hal, diantaranya terkait:

– Jenis Layanan

– Jenis Lensa yang digunakan

– Dokter Spesialis Mata

 

Secara umum, operasi Katarak Premium ini merupakan operasi Katarak yang menggunakan berbagai fasilitas yang bersifat premium. Tak heran, bila operasi Katarak premium ini memiliki biaya operasi Katarak yang berbeda dengan lainnya. Di Klinik Mata KMU, Anda dapat memilih operasi Katarak Premium dengan keunggulan berikut:

Menggunakan Lensa Premium (IOLs Premium)

Lensa premium untuk operasi Katarak ini adalah IOLs Premium yang memberikan manfaat ganda. Dimana penderita Katarak dan juga kelainan refraksi (mata minus, silinder, rabun dekat) dapat sembuh sekaligus dalam 1 operasi sekaligus. Jadi, lensa premium ini dapat menyembuhkan kelainan refraksi.

Jenis Lensa Premium (IOLs Premium)

Berikut ini adalah jenis-jenis lensa premium yang digunakan untuk Operasi Katarak Premium:

Trifocal IOLs

Trifocal IOLs adalah lensa premium dengan paket lengkap dan praktis. Pasien katarak, bisa menggunakan lensa ini untuk sekaligus mengatasi kelainan refraksi, rabun jauh (miopi), rabun dekat (hipermotria) dan mata tua (presbyopia).

Toric IOLs

Toric IOLS merupakan jenis lensa intraokular (IOLs) premium yang memperbaiki Katarak sekaligus Astigmatisme atau silinder. Lensa ini, cocok untuk Anda yang akan melakukan operasi atau tindakan katarak, dan memiliki gangguan refraksi mata silindris (astigmatisme).

Multifocal IOLs

Multifocal IOLs merupakan kategori lain dari IOLs premium yang mengoreksi presbyopia atau mata tua. Sehingga, dapat mengurangi kebutuhan akan kacamata baca atau kacamata komputer setelah operasi katarak.

Baca Juga: Manfaat Lensa Premium Pada Operasi Katarak

Dokter Spesialis Mata Konsultan

Dokter spesialis mata adalah dokter yang ahli di bidang kesehatan mata. Namun, adapula istilah dokter spesialis mata konsultan atau dalam gelarnya berupa SpM(K). Arti dokter spesialis mata konsultan ini adalah  dokter spesialis mata yang memiliki keahlian lebih spesifik lagi.

Operasi Katarak bisa menjadi operasi Katarak premium bila dokter spesialis mata yang melakukan operasi adalah dokter spesialis mata konsultan Katarak & Bedah Refraksi (KBR) .

Di Klinik Mata KMU, pasien bisa mendapatkan Operasi Katarak Premium dengan Dokter Spesialis Mata Konsultan. Pasien dapat memilih sendiri, dokter spesialis mata konsultan yang ingin ia jadikan sebagai operator operasi Katarak yang didapat.

Sama halnya, dengan konsultan di berbagai bidang. Bila kita ditangani langsung oleh pihak yang ahli di bidangnya apalagi spesifik, maka semua akan menjadi lebih efektif dan terpercaya. Dokter Spesialis Mata Konsultan ini biasanya kerap pula menjadi tutor atau trainer di bidang yang ia kuasai.

Meski demikian, seluruh dokter spesialis mata tentu saja memiliki keahlian dalam melakukan operasi Katarak.

Layanan VIP

Layanan VIP adalah layanan penunjang untuk Operasi Katarak Premium. Seperti namanya “VIP”, tentu saja pasien operasi Katarak akan diperlakukan spesial dengan layanan ini. Pasien Katarak akan merasakan lebih spesial dibandingkan dengan layanan lainnya.

Layanan VIP adalah layanan prioritas yang bisa dimanfaatkan pasien dalam urusan pemeriksaan hingga tindakan. Bila Anda menginginkan operasi Katarak Premium di Klinik Mata KMU, maka salah satunya Anda akan menikmati layanan KMU VIP.

Keuntungan Layanan KMU VIP

Apa saja yang bisa Anda dapatkan dari layanan KMU VIP? Berikut ini adalah keuntungan dari layanan VIP yang bisa Anda peroleh:

Mudah mengatur jadwal dengan dokter pilihan Anda!

Lebih cepat tanpa antri

Nyaman dengan fasilitas spesial

Mengutamakan kenyamanan dan privasi

Dapatkan Lensa Premium (IOLs Premium) pada Klinik Mata Terdekat di Kotamu

Di manakah Anda dapat emenmukan lensa premium (IOLs Premium) ini? Apakah semua klinik mata menyediakan lensa premium untuk operasi Katarak? Pertanyaan ini memang kerap dipertanyakan pasien atau keluarga yang berminat menggunakan lensa premium untuk operasi Katarak.

Memang tidak semua fasilitas kesehatan menyediakannya, namun Anda dapat memilih menggunakan lensa premium (IOLs Premium) untuk operasi Katarak di seluruh cabang KMU, diantaranya:

 

Klinik Mata KMU Gresik

Klinik Mata KMU Lamongan

Klinik Mata KMU Bojonegoro

Klinik Mata KMU Sidoarjo

Klinik Mata KMU Madura – Bangkalan

Operasi Katarak Sakit?

Anda juga dapat menemukannya di Poli Mata Eyelink Hospital Partner (Eyelink Group).

Bila Anda atau keluarga merupakan penderita Katarak dan juga kelainan refraksi, maka ANda bisa berkonsultasi atau mendatangi dokter mata terdekat.

Peran dokter mata dalam diagnosa dan pemilihan lensa premium ini memang penting. Salah satu keunggulan Klinik Mata adalah karena lebih detail dalam periksa mata (diagnosa) atau mendapatkan tindakan terkait kesehatan mata.

Bagaimana? Operasi Katarak Sakit tidak? Bila Anda masih membutuhkan informasi lebih lanjut untuk meyakinkan diri, datanglah ke klinik mata terdekat untuk mendapatkan arahan dan bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis mata.

Selamat mencoba dan semoga sehat selalu Sahabat KMU!

 

Klinik Mata KMU – “Jelas Lebih Jelas”

 

Saksikan berbagai video kesehatan mata lainnya:

 

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *