4 Fakta Wortel Bisa Sembuhkan Mata Minus

Wortel menjadi salah satu makanan yang memiliki kandungan baik untuk kesehatan mata. Masyarakat pada umumnya mengetahui bahwa wortel mampu mencegah penyakit mata dan menjaga mata tetap sehat. dr. Bobby Krisna Putra, SpM yang merupakan dokter spesialis mata dari Klinik Mata KMU menegaskan, bahwa wortel memang mempunyai banyak kandungan yang penting untuk kesehatan termasuk mata kita.

Berikut 4 fakta Wortel yang harus kalian ketahui:

1. Mengandung Beta-karoten

Sudah tidak asing lagi bahwa wortel mengandung vitamin A. Ternyata bentuk awal dari vitamin A adalah Beta karoten melalui enzim beta karoten 15, 15′ monooxygenase. Beta karoten ini merupakan senyawa yang dapat memberikan warna jingga pada buah dan sayur seperti ubi, labu, dan wortel.

2. Memiliki pigmen karotenoid yang merupakan prekursor penting untuk vitamin A.

Pigmen Karotenoid adalah molekul yang mudah larut dengan lemak, artinya pigmen ini dapat diserap optimal oleh tubuh ketika bersamaan dengan lemak. Fungsi dari pigmen ini adalah sebagai molekul antioksidan yang artinya dapat mengkal dari paparan radikal bebas yang berlebih.

3. Mencegah datangnya risiko penyakit mata

Fakta wortel

jika kita tidak mendapatkan cukup vitamin A, maka ada beberapa risiko yang bisa mengakibatkan masalah pada mata kita seperti:
– Xerophthalmia (defisiensi vit A)
– Degenerasi makula (gangguan pada retina) yang megakibatkan menurunnya tajam penglihatan kita.

4. Mengkonsumsi banyak wortel tidak dapat menurunkan atau menyembuhkan mata minus (miopia).

banyak mitos mengatakan bahwa dengan banyak mengkonsumsi wortul dapat menyembuahkan mata minus (Miopia) Sebab, kondisi mata minus lebih disebabkan karena bentuk / anatomi bola mata. Salah satunya bentuk bola mata yang lebih panjang. Sedangkan kandungan nutrisi yang ada di dalam wortel tidak dapat mengubah bentuk bola mata.

Meskipun demikian, menkonsumsi wortel memang membantu menjaga kesehatan tubuh dan mata kita, karena selain vitamin A dan beta karoten. Wortel juga mengandung Lutein, yaitu anti oksidan yang dapat melindungi retina dan mengurangi resiko degenerasi macula. Jadi itu adalah 4 fakta wortel. dengan mengkonsumsi Wortel akan sangat baik untuk menjaga kesehatan mata.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *