1.000+ Santri Dapatkan Pemeriksaan Mata Gratis Dari KMU

1.000+ Santri Dapatkan Pemeriksaan Mata Gratis Dari KMU

Ramadan tahun ini (2021), Klinik Mata KMU hadir dengan program Kemilau Ramadan. Yakni, program bagi-bag kacamata gratis untuk para santri. Alhamdulillah, hingga pekan terakhir Ramadan ini tercatat 1.415 santri mendapatkan pemeriksaan mata gratis dari Klinik Mata KMU.

Ribuan santri ini mendapatkan pemeriksaan mata gratis (skrining) yang dilakukan langsung oleh tenaga medis Klinik Mata KMU atau tim Eye Representative (ER) KMU. Para santri yang mendapatkan pemeriksan gratis ini berasal dari 20 Pondok Pesantren dan panti asuhan.

Dari pemeriksaan mata yang dilakukan pada ribuan santri ini, mereka yang didiagnosa menderita kelainan refraksi akan mendapatkan kacamata gratis dari Klinik Mata KMU.

Baca Juga: Ini 2 Jenis Kacamata Bifokal, Manakah yang Kamu Gunakan?

Program Kemilau Ramadan

Eye Representative Manager Klinik Mata KMU Surya Djatmiko menjelaskan, program Kemilau Ramadan berbagi kacamata gratis ini merupakan salah satu bagian dari kegiatan sosial Klinik Mata KMU. Sesuai dengan nilai dan budaya KMU, salah satunya nilai sosial.

Ia berharap, dari program ini semakin banyak santri yang terbantu dalam urusan penglihatan. Banyak dari masyarakat, termasuk santri yang tidak menyadari bahwa dirinya menderita kelainan refraksi. Karena itu, pihak Klinik Mata KMU melaksanakan pemeriksaan mata gratis terlebih dahulu untuk memastikan kondisi mata para santri.

Pasalnya, penderita kelainan Refraksi tentu akan mengalami masalah penglihatan dan berdampak pada produktivitasnya bila tidak menggunakan alat bantu kacamata. Dengan program Kemilau Ramadan ini, diaharapkan para santri bisa mendapatkan kualitas penglihatan yang semakin baik dan produktif.

“Produktif dalam kegiatan sehari-hari, khususnya dalam beribadah,” tutur Surya.

Program kacamata gratis ini tidak terbilang baru, karena KMU juga memiliki program KMU Goes to School, yaitu berbagi kacamata gratis bagi para siswa. Namun, khusus di bulan Ramadan ini pihak KMU memberikan kacamata gratis kepada para siswa.

Baca Juga: KMU Goes To School – Begini Cara KMU Hadapi Siswa di Sekolah

Pemeriksaan Mata Gratis di Wilayah Seluruh Cabang

Pemeriksaan mata gratis dan pembagian kacamata gratis pada santri ini dilakukan di Pondok Pesantren dan panti asuhan yang berlokasi di sekitar wilayah cabang Klinik Mata KMU dan Poli Mata Eyelink Hospital Partner.

Baca Juga: Poli Mata Eyelink Hospital Partner


“Jadi, skrining atau pemeriksaan mata gratis ini tak hanya dilakukan di Jawa Timur, namun juga di Jawa Tengah dan Jakarta,” sebut Surya Djatmiko.

Poli mata Eyelink Hospital Partner ini merupakan poli mata yang tersebar di berbagai RS mitra Eyelink Group. Karena berada dalam satu naungan holding Eyelink Group, maka program Kemilau  Ramadan ini juga dilakukan pula di poli mata Eyelink Hospital Partner. PIhak ER dari KMU melibatkan fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) untuk bisa membantu para santri mendapatkan pemeriksaan mata gratis dan juga kacamata gratis bagi yang membutuhkan.

pemeriksaan mata gratis
Salah satu kegiatan pemeriksaan mata gratis KMU yang dilakukan di pondok pesantren

200 Santri Membutuhkan Kacamata

Dari 1.415 santri yang mendapatkan pemeriksaan gratis dari KMU, tercatat ada 218 santri mengalami kelainan Refraksi. Itu artinya, 218 siswa ini membutuhkan kacamata sebagai alat bantu penglihatannya. Sebab, solusi bagi penderita Kelainan Refraksi hanyalah menggunakan alat bantu penglihatan, dan Lasik. Namun, untuk Lasik sendiri harus dilakukan bila usia mereka menginjak di atas 18 tahun, dengan biaya yang cukup mahal.

Karena itu, bantuan kacamata gratis dari KMU ini diharapkan dapat membantu para santri untuk meningkatkan produktivitas dan membantu penglihatan mereka.

Baca Juga: Klinik Mata KMU Distribusikan 175 Kacamata Gratis Untuk Para Siswa

Kacamata Gratis Segera Didistribusikan

Saat ini, dikatakan Surya pihaknya tengah mempersiapkan kacamata gratis para santri. Hal ini dikarenakan, butuh pembuatan kacamata sesuai denganukuran dioptric atau ukuran minus dan silinder dari para santri.

“Sehingga butuh waktu untuk proses pembuatan kacamata.” Jelasnya. Selain itu, pendistribusian akan dilakukan oleh masing-masing cabang KMU dan poli mata Eyelink Hospital Partner. “Semoga adek-adek santri segera mendapatkan kacamata gratis dari KMU dan dengan segera dapat digunakan untuk membantu penglihatannya,” tutup dia.

Tonton juga info & tips kesehatan mata lainnya:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *