Tips Menjaga Mata

4 Cara Sehat Menjaga Mata Saat Membaca

Apakah kamu sering merasa lelah atau tegang pada mata saat sedang asyik membaca buku, artikel, atau bahkan pesan singkat di layar gadget kesayanganmu? Jangan khawatir, karena kami akan memberikan solusi menjaga mata yang tepat untukmu! Dalam artikel kali ini, kami akan berbagi 4 cara mejaga mata untuk tetap menikmati proses membaca tanpa mengorbankan kesehatan penglihatanmu. Jadi, mari kita jelajahi bersama-sama bagaimana menjaga mata tetap segar dan sehat saat beraktivitas membaca. Siapkan dirimu untuk pengetahuan baru yang bermanfaat dan pastinya eye-friendly!

4 Cara Sehat Menjaga Mata yang Harus Kamu Terapkan saat Membaca atau Bermain Gadget.

Kesehatan mata adalah hal yang sangat penting, terutama saat kamu sedang asyik membaca atau bermain gadget. Nah, berikut adalah empat cara sehat yang harus kamu terapkan untuk menjaga mata saat beraktivitas tersebut.

Tips Menjaga Mata saat membaca

1. Membaca di ruangan dengan pencahayaan yang cukup

Tips menjaga mata yang pertama yaitu, pastikan kamu membaca di ruangan dengan pencahayaan yang cukup. Hindari membaca dalam gelap atau ruangan yang redup, karena itu dapat menyebabkan mata lelah dan bahkan kering karena frekuensi berkedip yang menurun. Solusinya, tambahkan lampu baca yang diletakkan di atas buku atau gadget untuk membantu menambah pencahayaan.

2. Beri waktu jeda untuk beristirahat

Ingatlah untuk menerapkan aturan 20-20-20, yakni setiap 20 menit membaca, beri jeda selama 20 detik untuk melihat jauh sejauh kurang lebih 20 kaki (6 meter). Hal ini dapat membantu merilekskan mata dan mengurangi kelelahan akibat terus-menerus fokus pada layar.

3. Atur posisi terbaik

Posisi duduk dengan punggung tegak dan buku atau layar gadget yang sejajar dengan mata adalah yang terbaik. Hindari meletakkan benda bacaan terlalu tinggi atau rendah agar tidak menyebabkan keluhan pada leher dan kelelahan mata.

4. Perhatikan durasi membaca/screen

Yang terakhir yaitu, perhatikan durasi membaca atau waktu terpapar layar. Khususnya sebelum tidur, membaca dalam durasi yang terlalu lama dapat menyebabkan mata kering yang mengganggu kualitas tidur. Jadi, jagalah waktu dan jangan sampai terlalu lama membaca dengan posisi yang salah.

Periksa Mata

Sudahkah kamu menerapkan keempat tips menjaga mata di atas? Yuk, perbaiki cara membaca dan penggunaan layar kita untuk menjaga kesehatan mata. Ingatlah, keluhan pada mata bisa datang kapan saja, jadi mulailah dari sekarang untuk mengadopsi gaya hidup yang lebih baik dalam menjaga kesehatan mata kita.

Jika kalian mengalami keluhan atau gangguan pada mata, jangan ragu untuk segera melakukan konsultasi dengan dokter mata. Mereka adalah ahli yang paling tepat untuk membantu mengidentifikasi dan menangani berbagai masalah kesehatan mata. Ingatlah bahwa mata adalah salah satu organ yang sangat sensitif, dan membiarkan keluhan terus berlanjut tanpa penanganan yang tepat bisa berdampak buruk pada penglihatan kita.

Jadi, jika kalian merasa ada sesuatu yang tidak beres dengan penglihatan atau merasa tidak nyaman pada mata, segera jadwalkan konsultasi dengan dokter mata terdekat. Jangan menunda-nunda, karena tindakan cepat dan tepat dapat mencegah masalah yang lebih serius di kemudian hari. Yuk, prioritaskan kesehatan mata kita dan lakukan konsultasi dokter mata sekarang juga!

Narasumber: dr. Ruchyta Ranti, SpM.

Tonton juga video edukasi kesehatan mata lainnya disini!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *