Mau Periksa Mata di KMU? Begini Alur Pelayanan Klinik Mata KMU

Bagi Anda yang memiliki rencana melakukan pemeriksaan mata di Klinik Mata KMU, baiknya Anda mengetahui alur pelayanan Klinik Mata KMU, dimana klinik mata KMU sendiri tersebar di berbagai kota di Jawa Timur ini. Mengetahui alur pelayanan Klinik Mata KMU sebelum melakukan pemeriksaan, akan mempermudah Anda.

Selain bisa lebih cepat (tanpa bingung) dalam proses pemeriksaan, Anda juga bisa lebih terstruktur mengikuti petunjuk. Namun, jangan ragu untuk bertanya kepada staf atau doorman bila memang ada prosedur yang belum Anda ketahui. Alur pelayanan Klinik Mata KMU ini berlaku pada seluruh cabang KMU.

Baca Juga:

Pendaftaran Pasien KMU Via WA, Lebih Mudah Pantau Antrian


– Begini Cara Pendaftar
an Online KMU


– KMUTeleCons: Konsultasi Mata Online GRATIS Saat Pandemi

alur pelayanan klinik mata KMU
Tenaga medis selalu membersihkan alat pemeriksaan setiap akan digunakan pasien.

Alur Pelayanan Klinik Mata KMU

Bila Anda atau keluarga berencana melakukan pemeriksaan mata di Klinik Mata KMU, maka penting untuk mengetahui alur pelayanan Klinik Mata KMU berikut:

1. Pemeriksaan Protokol Kesehatan

Mengingat kita saatini masih dihadapkan dengan pandemi Covid-19, maka Klinik Mata KMU memastikan setiap pasien dan staf Klinik Mata KMU selalu menerapkan protokol kesehatan dengan baik. Karena itu, pemeriksaan protokol kesehatan selalu ada di awal alur pelayanan Klinik Mata KMU, diantaranya:
– Menggunakan Masker
– Cuci tangan
– Pemeriksaan suhu tubuh

2. Mendapatkan Nomor Antrian Pendaftaran

Setelah melalui proses pemeriksaan protokol kesehatan, maka Anda akan mendapatkan nomor antrian pendaftaran untuk ke bagian administrasi. Nomor antrian ini juga berlaku bagi Anda yang sudah melakukan pendaftaran online atau via WA (untuk memastikan nomor urut diagnosa yang didapatkan saat daftar online).

3. Proses Pendaftaran

Pasien menunggu sesuai antrian pendaftaran, dankemudian dipanggil oleh bagian administrasi untuk melakukan proses registrasi. Anda perlu menyiapkan berkas yang dibutuhkan, seperti:
1. Kartu pasien (bila pernah periksa di KMU
2. KTP/KK/Kartu Identitas (pasien baru)
3. Surat rujukan + BPJS/kartu asuransi (pasien BPJS atau Asuransi)

4. Antrian Diagnosa

Setelah melakukan pendaftaran, pasien akan mendapatkan nomor antrian ke ruang pemeriksaan atau diagnosa. Bagi pasien yang sudah melakukan pendaftaran online maka akan dipanggil sesuai dengan nomor antrian yang didapatkan (saat daftar online).

5. Pemeriksaan di Ruang Diagnostic

Pasien akan memasuki ruang diagnostic dan dilakuakn pemeriksaan dasar sesuai kebutuhan atau keluhan pasien.
Sebagai informasi, perawat yang melakukan pemeriksaan atau diagnosa dasar akan selalu membersihkan peralatan diagnostic (sterilisasi) setiap akan digunakan oleh pasien.

6. Antrian Konsultasi Dokter

Pasien yang sudah melakukan pemeriksaan di ruang diagnosa, akan kembali menunggu di ruang tunggu konsultasi dokter hingga perawat memanggil pasien kembali.

7. Pemeriksaan di Ruang Dokter

Pasien akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut dengan dokter spesialis mata, untuk mengetahui hasil pemeriksaan. Apakah pasien membutuhkan tindakan lebih lanjut hingga proses pemberian resep dokter.

8. Hasil Pemeriksaan Dokter Mata

a.  Bila pasien mendapat tindakan langsung
Bila hasil pemeriksaan dokter, ternyata pasien perlu mendapatkan tindakan, maka pasien langsung dipersiapkan menuju ruang tindakan. Adapun beberapa persyaratan sebelum memasuki ruang tindakan, yakni:
–  Cuci muka & cuci kaki
– Ganti baju & celana
– Menggunakan masker & nurse cap
– Menunggu di ruang tindakan
– Kemudian dilakukan tindakan
Setelah mendapat tindakan medis, maka pasien akan menuju ke ruang tunggu obat untuk menungu obat yang diberikan/diresepkan.

b. Bagi pasien yang tidak membutuhkan tindakan
Bila hasil pemeriksaan dokter, ternyata pasien tidak membutuhkan tindakan maka bisa segera dilanjutkan menuju ruang tunggu obat/farmasi.

9. Pengambilan Obat di Farmasi

Pasien mengambil obat di farmasi, sesuai urutan atau antrian pengambilan obat. Pasien atau keluarga pasien akan dijelaskan tentang aturan penggunaan dan perawatan obat yang harus digunakan.

10. Penyelesaian Administrasi

Pasien atau keluarga pasien menuju bagian administrasi untuk menyelesaikan proses administrasi, seperti pembayaran dan kelengkapan berkas yang kurang.

Itulah 10 tahap atau alur pelayanan Klinik Mata KMU yang perlu Anda ketahui. Smeoga kita selalu diberikan kesehatan dan memiliki kepedulian tinggi akan kesehatan mata :).

Untuk informasi terkini tentang kesehatan mata, silakan follow dan subscribe di akun media sosial Klinik Mata KMU:

Instagram: @KlinikMataUtama Youtube: Klinik Mata KMU Twitter: @klinikmatautama TikTok: @klinikmatakmu

Tonton juga info & tips kesehatan mata lainnya:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *